Featured Posts

Monday, November 30, 2009

Group Facebook bunuh diri perlu kita waspadai


Para orangtua di negara Hongkong sedang dilanda kecemasan, sebab sebuah grup di situs pertemanan Facebook mengajak 208 anggotanya untuk melakukan bunuh diri massal. Pihak kepolisian pun tengah menyelidiki grup yang dibuat tersebut karena (kemungkinan) dipicu mengenai masalah nilai sekolah dan tekanan orangtua.

Penelusuran jejak pembuat grup di Facebook berbahasa China ini yang mengajak anggotanya untuk melakukan bunuh diri massal pada 21 Desember 2009 ini, terus dilakukan pihak berwajib. Apalagi hampir 190 orang anggotanya berkomitmen untuk melakukan bunuh diri massal. Bahkan sekarang grup kedua (yang juga mengajak bunuh diri secara massal) muncul lagi di Facebook, dan mengajak 98 anggotanya untuk melakukan perbuataan nekat tersebut.

"Apa artinya hidup? Orang yang Anda cintai jatuh cinta kepada orang lain. Orang dewasa selalu saja benar. Kami selalu salah. Mengapa tidak kita meninggal saja bersama?", tulis kutipan didalam grup itu, yang dikutip CNN, Sabtu (28/11/2009).


Biro Kriminal Hongkong sampai saat ini masih belum bisa menemukan identitas pendiri group tersebut. Mereka bahkan sempat menggagalkan aksi bunuh diri salah satu siswa di negara tersebut yang berusaha meloncat dari atap gedung sekolah.

Tingkat kejadian bunuh diri remaja termasuk tinggi di Hong Kong. Peneliti di Hongkong mengatakan tekanan untuk mencapai nilai yang bagus di sekolah dan faktor orangtua menjadi salah satu pemicu aksi bunuh diri tersebut.




**tidak menutup kemungkinan hal ini terjadi di Indonesia...mengingat mulai banyak kasus mulai dari anak SD yang ditemukan mati gantung diri dengan meninggalkan pesan mengenai nilainya yang buruk**

nah itu buat kalian para orang tua, yang punya anak kena demam facebook. ketat'in z jaga anaknya, agar gak masuk/gabung ke group2 yang tak mendidik itu.




Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

3 comments: on "Group Facebook bunuh diri perlu kita waspadai"

Vicky Oktrya said...

wah, menarik niih.
ada linknya gak, gan?
saya penasaran pengen liat groupnya di facebook.
(ngga bakal join kok, liat aja)
lol

Miawruu said...

makin stress aja dunia ini. tapi, siapa tau pendiri bunuh diri massal di china hanya akal2an oknum yg pgn ngurangin jumlah penduduk china yg udah meledak. who knows...

buburayam said...

@viiQii'z
hoho buat apa neng ntar malah kalo lagi frustasi neng gabung lagi, jangan z :-)

@kucing tengil
mungkin juga cing, makanya jangan pada gabung z

thanks udah pada comment

Post a Comment